6 Hikmah dan Keutamaan Wakaf Menurut Agama Islam

Hikmah dan Keutamaan Wakaf – Tentunya sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar apa itu Wakaf. Yah, wakaf atalah sebuah perbuatan yang begitu mulia yang bisa di lakukan kita sebagai umat muslim. Dimana wakaf sendiri biasanya di sebut sebagai sedekah jariyah.

Yang artinya, sedekah dalam bentuk menyedekahkan harta yang kita miliki untuk kepentingan umat. Dengan kita menyedekahkan harta yang kita miliki tersebut, tentu saja akan banyak sekali hikmah dan juga keutamaan wakaf yang nantinya bisa kita peroleh.

Sebagaimana kita tahu bahwasannya keutamaan sedekah dalam kehidupan sendiri pun akan begitu besar. Maka dari itu, ketika anda mewakafkan sebuah harta yang anda miliki tentu akan banyak memperoleh hikmah dan juga keutamannya. Namun hal ini pun harus di landasi dengan dasar-dasar yang kuat.

Dimana ketika anda ingin melakukan wakaf atau bersedekah harta untuk kepentingan umat. Maka niatan tersebut harus benar-benar tanpa dorongan atau paksaan melainkan karena memang rasa tersebut muncul dari dalam diri anda sendiri terutama dari hati anda.

Tidak saja hanya sampai disitu, harta benda yang akan anda wakafkan pun harus memenuhi kriteria. Yang dimana beberapa kriteria tersebut antara lain hrta wakat tidak boleh berkurang nlainya, dan tidak boleh di jual atau tidak boleh di wariskan.

Hikmah dan Keutamaan Wakaf Menurut Agama Islam

Hikmah dan Keutamaan Wakaf

Hal tersebut karena dilandasi dengan dasar wakaf yang kuat yaitu pada hakikatnya adalah menyerahkan kepemilikan harga manusia menjadi milik Allah SWT atas nama umat. Lalu apa saja sih hikmah dan keutamaan wakaf menurut agama islam itu? berikut dapat anda lihat semua penjelasnanya di bawah ini.

Hikmah Wakaf Dalam Kehidupan

  1. Menghilangkan sifat tamak dan kikir yang biasanya terdapat pada manusia atas harta yang di miliki
  2. Memberikan kesadaran kepadan setiap orang bahwasannya kehidupan di akhirat juga membutuhkan sebuah persiapan yang cukup. Maka dari itu selagi kita masih di beri kesempatan, gunakanlah kesempatan tersebut untuk memperkuat dan memperbanyak bekal, salah satunya adalah mewakafkan harta yang kita miliki
  3. Memberikan kesadaran terhadap kita sebagai seorang muslim bahwasannya di dalam setiap harta tersebut meski telah menjadi milih seseorang secara sah, akan tetapi masih ada harta agama yang harus di serahkan sebagaimana halnya zakat.
  4. Dapat menjadi penopang dan mengarahkan kehidupan sosial kemasyarakatan terutama bagi kaum atau umat islam. Hal ini bisa di lihat dari aspek ekonomi, sosial budaya, dan juga pendidikan serta yang lainnya.

Diatas merupakan beberapa contoh hikmah wakaf yang akan di peroleh setiap orang yang mewakafkan sebagian harta benda yang di milikinya. Dan berikut adalah beberapa keutamaan wakaf dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kaidah Ajaran Agama Islam.

Keutamaan Wakaf Dalam Kehidupan

  1. Selama benda atau harta yang di wakafkan masih bisa di gunakan untuk kepentingan umat. Maka pahala juga akan terus di dapatkan oleh orang yang mewakafkan benda atau harta tersebut meskipun orang tersebut sudah meninggal dunia
  2. Terus menerusnya manfaat di dalam kehidupan dan di dalam berbagai jenis kebaikan serta tiudak akan terputus dengan sebab berpindahnya kepemilikan.

Dengan mengetahui hikmah dan keutamaan wakaf seperti kami tulis diatas. Maka setidaknya anda akan mendapatkan informasi atau wawasan baru yang mungkin belum anda dapatkan. Nah itulah kiranya informasi yang bisa kami sampaikan di kesempatan kali ini semoga bisa bermanfaat.

Baca :  15 Keutamaan Sedekah Hari Jumat yang Sangat Istimewa