√ Hari Kiamat : Pengertian, Jenis & Tanda-Tanda Kiamat

Hari Kiamat – Kalian pastinya pernah mendengar istilah Kiamat bukan? Har Kiamat merupakan salah satu rukun iman yang sudah sepantasnya diimani dan diyakini oleh umat muslim di seluruh dunia.

Hari akhir dari segalanya ini juga adalah hari diaman semua kehidupan mahluk ciptaan Allah SWT akan berakhir dan sudah pasti akan terjadi. Tanda-tanda akan terjadi hari akhir ini juga sudah tertulis di dalam Al Qur’an.

Allah SWT sendiri akan menunjukkan kejadian-kejadian yang luar biasa bagi alam semesta. Dan perlu kalian ketahui juga bahwasannya kiamat ini dibagi menjadi 2, yakni Kiamat Sugra (kecil) dan juga Kubra (besar).

Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak ulasan lengkap mengenai pengertian, jenis dan juga tanda-tanda kiamat yang telah niatpuasa siapkan berikut ini.

Hari Kiamat : Pengertian, Jenis & Tanda-Tanda Kiamat

Hari Kiamat

Pengertian Kiamat

Berbicara mengenai pengertian hari kiamat, hari ini merupakan istilah yang berasal dari bahasa arab yaumul qiyamah. Yaumul Qiyamah sendiri berarti hari akhir.

Sedangkan secara istilah, kiamat adalah kedancuran alam semesta berserta segala kehidupan yang berada di alam semesta serta dibangkitkannya orang yang sudah meninggal untuk dihisap amal serta perbuatannya semasa di dunia.

Tidak ada manusia yang mengetahui kapan pastinya hari akhir ini akan terjadi, dan hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Hal ini tertuang dalam Surat Al A’raf ayat 187 berikut ini.

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

yas-aluunaka ‘anialssaa’ati ayyaana mursaahaa qul innamaa ‘ilmuhaa ‘inda rabbii laa yujalliihaa liwaqtihaaillaa huwa tsaqulat fii alssamaawaati waal-ardhi laa ta/tiikum illaa baghtatan yas-aluunaka ka-annaka hafiyyun ‘anhaa qul innamaa ‘ilmuhaa ‘inda allaahi walaakinna aktsara alnnaasi laa ya’lamuuna

Artinya : “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”

Baca :  Bacaan Bilal Tarawih Terlengkap : Arab, Latin & Artinya

Jenis Kiamat

Seperti sudah kami singgung diatas bahwa kiamat terbagi menjadi 2 jenis, yakni kiamat kecil atau sugra dan kiamat besar atau kubro. Kedua golongan tersebut didasarkan atas kejadiannya seperti penjelasan berikut ini.

Kiamat Kecil (Sugra)

Kiamat Kecil

Pada kehidupan sehari-hari tentunya kalian sudah banyak melihat bencana kiamat kecil. Akan tetapi hal ini tidak terlalu dianggap serius, sehingga tidak banyak yang menyadarinya. Perlu kalian ketahui juga bahwa kejadian ini merupakan peringatan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia agar selalu ingat kepadaNya.

Tanda-Tanda Kiamat Kecil (Sugra)

  • Meninggalnya seseorang
  • Wanita berpakaian telanjang
  • Masjid dijadikan tempat wisata
  • Bencana alam
  • Semakin meluasnya kebodohan
  • Maraknya riba.

Kiamat Besar (Kubro)

Kiamat Kubra

Selanjutnya adalah kiamat kubra atau kiamat besar. Kiamat ini yang merupakan hari dimana seluruh kehidupan mahluk yang ada di alam semesta berakhir. Perlu kalian ketahui juga bahwa ada beberapa tanda-tanda adanya kiamat besar ini seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut.

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya : “Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,” (Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jāmi’us Ṣaḥīḥ, [Beirut, Dārul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

Baca :  6 Hikmah dan Keutamaan Wakaf Menurut Agama Islam

Tanda-Tanda Kiamat Besar (Kubra)

  • Munculnya kabut (dukhan)
  • Munculnya Dajjal
  • Munculnya Dabbah
  • Terbitnya matahari dari barat
  • Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj
  • Munculnya Nabi Isa bin Maryam
  • Munculnya Imam Mahdi di Mekkah sebagai khalifah terakhir
  • Adanya 3 gerhana di timur
  • Gerhana di barat
  • Gerhana di jazirah Arab
  • Adanya api yang muncul dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai Hari Kiamat, mulai dari pengertian, jenis dan tanda-tandanya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat niatpuasa.com sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menjadikan pengingat kita kepada Allah SWT agar selalu mendekatkan diri kepadaNya.