18 Cara Sholat Tarawih di Rumah Lengkap dengan Niatnya

Cara Sholat Tarawih di Rumah – Seperti kita ketahui bahwa bulan Ramadhan kali sangat jelas berbeda dengan bulan Ramadhan sebelumnya. Dimana tahun ini kita dan masyarakat seluruh Dunia sedang dilanda wabah penyakit Corona atau dikenal dengan COVID-19.

Adanya wabah penyakit ini kita dianjurkan oleh pemerintah untuk karantina mandiri di rumah masing-masing. Hal ini tentu menjadikan kita tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah seperti buka puasa bersama hingga sholat tarawih di masjid.

Pemerintah memang menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk melaksanakan sholat Tarawih di rumah masing-masing. Ini dilakukan untuk mencegah resiko penyebaran virus Corona Covid-19 agar tidak semakin meluas.

Namun kalian tidak perlu khawatir karena pahala yang didapatkan oleh kita tidak akan berkurang meskipun kita melakukan sholat Tarawih di rumah masing-masing. Bagi kalian yang ingin melaksanakan sholat Tarawih di rumah, disini kami telah menyiapkan informasi mengenai cara sholat Tarawih di rumah berikut ini.

Baca :  8 Keutamaan Shalat Witir Sesuai Hadits yang Luar Biasa

Cara Sholat Tarawih di Rumah Lengkap dengan Niatnya

Cara Sholat Tarawih di Rumah

Sholat Tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang memiliki hukum sunnah muakkad atau sunnah yang dianjurkan di bulan Ramadhan ini. Sholat Tarawih dapat kita lakukan sendiri atau munfarid di rumah. Bagi kalian yang ingin mengerjakan sholat Tarawih di rumah, kalian dapat membaca niat sebagai berikut:

Niat Sholat Tarawih

Niat Sholat Tarawih Sendiri/Munfarid

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-taraawiihi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’alaa.

Artinya : “Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Tarawih sebagai Ma’mum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-taraawiihi rak’ataini mustaqbilal qiblati ma’muuman lillaahi ta’alaa.

Artinya : “Saya niat salat sunah tarawih dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala”

Bacaan Surat yang dibaca setelah Al-Fatihah sebaiknya adalah sebagai berikut:

1. Malam Tanggal 1 Ramadhan sampai Pertengahan Ramadhan

Setiap rakaat pertama baca salah satu surat dari surat-surat berikut secara berurutan, yakni : At- Takaatsur, Al-‘Ashr, Al-Humazah, Al-Fiil, Quraisy, Al-Maa’uun, Al-‘Kautsar,. Al-Kaafiruun, An-Nashr dan Al-Lahab. Kemudian setiap rakaat kedua kalian dapat membaca surat Al-Ikhlas.

2. Malam Pertengahan sampai Akhir Ramadhan

Setiap rakaat pertama baca surat l-Qadr. Sedangkan rakaat kedua baca salah satu surat-surat berikut secara berurutan, yakni : At-Takaatsur, Al-Ashr, Al-Humazah, Al-Fiil, Quraisy, Al-Maa’uun, Al-Kautsar, Al-Kaafiruun, An-Nashr dan Al-Lahab.

Apabila kalian belum mampu membaca surat-suratan diatas, kalian dapat membaca surat yang kalian kuasai, karena pada dasarnya membaca surat ini tidak ada urutan khusus. Dan khusus pada malam pertengahan sampai akhir, disini kalian disunatkan untuk membaca doa kunut, dimana doa tersebut dibaca pada rakaat terakhir setelah sholat witir, setelah i’tidal 9sebelum sujud.

Tata Cara Sholat Tarawih di Rumah

1. Takbiratul Ihram

2. Membaca Doa Iftitah

3. Membaca Surat Al-Fatihah

4. Membaca Surat Alquran

5. Ruku’

6. I’tidal

7. Sujud

8. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)

9. Sujud Kedua

Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.

10. Membaca Surat Al-Fatihah

11. Membaca Surat Alquran

12. Ruku’

13. I’tidal

14. Sujud

15. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)

16. Sujud Kedua

17. Tasyahhud Akhir

18. Salam

Niat dan Tata Cara Sholat Witir

Niat Sholat Witir

“USHALLII SUNNATAL WITRI TSALAASA ROKA’AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’ALAA.”

Artinya : “Saya berniat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’alaa”.

Tata Cara Sholat Witir

Jumlah rakaat sholat tarawih yang umum dikerjakan adalah antara 8 rakaat dan ditambah 3 rakaat sholat witir. Namun ada juga yang mengerjakan sholat Tarawih 20 rakaat dan ditambah 3 sholat Witir. Walaupun demikian, masing-masing dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhir dengan salam.

Sholat Tarawih juga alangkah baiknya ditutup dengan sholat Witir yang jumlah rakaatnya ganjil.

Nah itulah beberapa pembahasan informasi penting mengenai cara sholat Tarawih dirumah yang dapat kalian simak dan pahami diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai bacaan bilal Tarawih di postingan yang telah niatpuasa.com sampaikan.