13 Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan dan Penjelasannya

Yang Membatalkan Puasa – Beberapa hari lagi umat islam di seluruh Dunia akan bertemu dengan bulan Ramadhan. Dimana bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di Dunia. Bulan Ramadhan yang penuh dengan kegiatan ibadah yang dapat menghapus dosa dan menambah pahala ini memang jangan sampai ditinggalkan. Salah satu ibadah di bulan suci ini adalah Puasa Ramadhan.

Puasa Ramadhan sendiri mewajibkan seluruh umat islam melakukan puasa selama 30 hari penuh. Untuk menjalankan ibadah puasa ini secara benar dan tentunya pahala puasa anda di terima oleh Allah SWT anda harus tahu hal yang membatalkan puasa. Dimana banyak hal yang dapat membatalkan Puasa Ramadhan.(Baca: Jadwal Imsakiyah Ramadhan di Indonesia)

Hal yang membatalkan Puasa Ramadhan ini sebenarnya sama seperti puasa lainnya seperti puasa senin kamis ataupun puasa sunnah lainnya. Yang membedakan hanya ibadah puasa Ramadhan ini semua umat islam akan menjalankannya selama 30 hari. Anda harus ingat betul hal yang membatalkan puasa dan juga hal hal makruh yang dapat membatalkan puasa.

Disini kami akan menerangkan hal-hal yang membatalkan puasa dan hal makruh yang harus anda hindari beserta penjelasannya. Informasi ini bertujuan untuk ibadah puasa anda bisa diterima dan tentunya anda bisa beribadah dengan nyaman dan tenang. Untuk lebih jelasnya mari simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Hal Yang Membatalkan Puasa dan Penjelasannya

Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan dan Penjelasannya

Hal Yang Membatalkan Puasa Ramadhan dan Penjelasannya

1. Emosi

Saat menjalankan ibadah puasa anda harus menahan hawa nafsu, sehingga anda harus menahan emosi meskipun anda sedang mengalami masalah. Karena banyak sekali orang yang lupa bahwa emosi dapat membatalkan puasa. Jadi saat menjalankan Puasa Ramadhan anda harus benar-benar menahan emosi dan jangan marah.

Baca :  Doa Niat Puasa Ramadhan Bahasa Arab dan Latin

2. Berhubungan Badan

Baik Pria ataupun Wanita sangat dilarang menjalankan hubungan badan ketika siang hari atau saat menjalankan puasa. Karena hal tersebut bisa membatalkan Puasa Ramadhan. Dan nanti anda harus mengganti puasa tersebut pada bulan lainnya.

3. Menstruasi

Hal yang membatalkan puasa ini dikhususkan untuk para wanita. Dimana wajar jika wanita mengalami menstruasi ketika melakukan Puasa Ramadhan. Selama wanita tersebut menstruasi maka tidak diperbolehkan untuk menjalankan Puasa Ramadhan. Sebagai solusinya anda bisa mengganti puasa yang ditinggakan itu pada bulan berikutnya.

4. Berenang

Ketika menjalankan Puasa Ramadhan anda tetap diperbolehkan untuk berenang. Hanya saja anda harus memastikan tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh anda. Karena jika anda air yang masuk ke tubuh anda maka hal tersebut dapat membatalkan puasa.

5. Ejakulasi

Selama melakukan puasa anda dilarang keras untuk melakukan hubungan atau melihat hal yang dapat menyebabkan anda ejakulasi. Karena ketika anda melakukan hal tersebut, maka puasa anda batal secara otomatis. Dan pahala puasa anda tidak akan di catat.

6. Merokok

Banyak orang yang masih belum tahu bahwa merokok ketika sedang berpuasa dapat membatalkan puasa. Walaupun keadaan tersebut anda tidak makan ataupun minum. Tapi merokok dapat membatalkan puasa.

7. Muntah

Kalau dalam kondisi muntah secara tidak sengaja maka hal tersebut tidak akan membatalkan puasa. Namun jika muntah disengaja maka puasa anda akan batal.

8. Berkumur

Sebenarnya untuk berkumur ketika puasa Ramadhan diperbolehkan selama tidak berlebihan dan tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh anda. Namun untuk mengantisipasi hal tersebut alangkah baiknya anda melakukan aktifitas tersebut sebelum menjalankan ibadah puasa.

Baca :  30 Fadilah Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

9. Mencicipi Masakan

Buat ibu-ibu yang akan memasak maka sudah hal wajar untuk mencicipi masakan yang di masak. Tapi anda harus tahu bahwa mencicipi masakan ketika melakukan puasa dapat membatalkan puasa. Jadi alangkah baiknya anda untuk menghindari mencicipi masakan ketika menjalankan Puasa Ramadhan.

10. Sikat Gigi

Sikat gigi merupakan hal makruh dilakukan ketika sedang berpuasa dan bisa menjadi penyebab puasa anda batal. Meskipun hal ini masih banyak menjadi perdebatan dikalangan ulama. Namun alangkah baik anda melakukan sikat gigi setelah sahur dan setelah berbuka puasa.(Baca: Doa Niat Puasa Ramadhan)

11. Nifas

Nifas merupakan darah yang keluar ketika wanita sedang melahirkan. Dimana nifas ini dapat membatalkan puasa. Dan memang untuk wanita yang akan melahirkan dilarang untuk menjalankan puasa Ramadhan.

12. Hilang Akal

Hilang akal disini dimaksudkan untuk orang mabuk ataupun pingsan dengan sengaja. Jika anda mabuk ketika menjalankan puasa, maka secara otomatis puasa anda akan batal.

13. Murtad

Murtad merupakan orang islam yang sudah keluar dari islam atau berpindah ke agama lainnya. Sehingga murtad menjadi salah satu hal yang membatalkan puasa.

Itulah beberapa hal yang membatalkan puasa Ramadhan dan puasa sunnah lainnya beserta penjelasannya. Informasi ini sangat penting untuk anda ketahui, karena anda akan tahu dan akan menghindari hal yang dapat membatalkan puasa diatas. Semoga informasi yang kami beritahukan ini bermanfaat.