6 Tata Cara Shalat Idul Adha Beserta Bacaan Niatnya

Tata Cara Shalat Idul Adha – Seperti kita ketahui bersama bahwasannya umat islam di berbagai penjuru dunia memiliki dua hari raya besar yang selalu di laksanakan setiap tahunnya yaitu hari raya idul fitri dan juga hari raya idul adha. Kedua hari raya tersebut identik dengan sebuah pelaksanaan shalat yang di kerjakan di tanah lapang secara berjamaah di pagi hari.

Jika sebelumnya pernah kami bahas tentang tata cara shalat idul fitri yang dapat anda simak pada artikel sebelumnya, mungkin pada pembahasan kali ini seperti judul yang sudah kami tulis kami akan membagikan bagaimana tata cara shalat idul adha beserta bacaan niatnya. Jadi bagi anda yang belum mengerti tata cara sholat idul adha itu sendiri boleh nih menjadikan artikel ini sebagai bahan referensi kita semuanya.

Didalam ajaran agama islam sebelum melakukan shalat idul adha yang jatuh pada setiap tanggal 10 dzulhijah pada umumnya kita di sunnahkan untuk melaksanakan puasa arafah dan juga puasa tarwiyah yang untuk pembahasannya juga sudah kami sampaikan jadi anda bisa menyimaknya. Dan pada dasarnya jika di tinjau dari segi hukum, tata cara pelaksanaan shalat idul adha sendiri hukumnbya sunnat muakkad.

Atau dalam bahasa lain, sunnat yang di kuatkan dan juga di anjurkan untuk dilaksakan atau di kerjakan secara berjama’ah. Dan itu juga merupakan salah satu tata cara shalat idul adha yang mungkin perlu untuk anda ketahui. Selain itu ada juga beberapa tata cara yang harus untuk selalu anda perhatikan. Diantaranya dapat anda simak pada penjelasan kami berikut ini.

Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Idul Adha

Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Idul Adha

Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Idul Adha

Bacaa Niat Shalat Idul Adha

Seperti pada umumnya, sebelum kita melakukan sebuah aktifitas terutama shalat dan juga puasa yang merupakan salah satu amalam utama bagi umat muslim tentu saja kita tahu bahwa ada yang namanya niat yang selalu di lafadzakan atau di ucapkan sebelum mengerjakan suatu aktifitas. Nah pada saat kita akan mengerjakan shalat idul adha sendiri kita di anjurkan untuk membaca sebuah niat yang jika di tuliskan adalah sebagai berikut.

Baca :  8 Keutamaan Shalat Witir Sesuai Hadits yang Luar Biasa

Bacaan Niat Shalat Idul Adha

Ushalli rak’ataini sunnata li ‘idil adha (ma’muman/ imaman) lillahi ta’ala

Artinya:
“Aku berniat shalat sunnah idul adha dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala”

Setelah mengetahui bacaan niat shalat idul adha seperti kami tuliskan dalam bahasa arab, latin beserta artinya diatas, kali ini giliran kita membahas tentang apa saja dan bagiamana sih tata cara shalat idul adha yang baik dan perlu untuk kita perhatikan sebelum kita melaksanakannya pada hari dimana shalat idul adha tersebut tiba? Untuk mendapatkan jawabannya, silahkan anda simak pada pembahasan berikut ini.

Tata Cara Shalat Idul Adha

#1. Seperti sudah kami jelaskan diatas, niat shalat idul adha merupakan hal yang termasuk dalam tata cara shalat idul adha yang perlu untuk anda lakukan. Dimana untuk bacaan dan juga artinya dapat anda lihat diatas.

#2. Melakukan takbiratul ihram sebagaimana anda mengerjakan shalat wajib yang biasa anda kerjakan. Dan setelah anda membaca doa iftitah, dalam shalat idul adha ini anda di sunnahkan untuk melakukan tabir lagi hingga tujuh kali pada saat rakaat pertama. Dan di antara takbir-takbir tersebut kita semua di anjurkan untuk membaca doa berikut ini.

Bacaan Sela-Sela Takbir Shalat Idul Adha 1

Artinya:
“Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang.”

Atau anda juga bisa membaca doa ini

Bacaan Sela-Sela Takbir Shalat Idul Adha

Artinya:
“Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.”

#3. Dan tata cara shalat idul adha yang berikutnya adalah membaca surat Al-Fatihah. Yang mana setelah anda melaksanakan rukun ini anda di anjurkan untuk membaca surat Al-Ala yang di lanjutkan dengan gerakan ruku, sudud dan duduk diantar dua sujut dan seterusnya hingga anda berdiri lagi seperti pada saat mengerjakan shalat pada umumnya.

Baca :  10 Keajaiban Sholat Subuh yang Perlu Kamu Ketahui

#4. Sementara pada saat anda sudah berada di posisi berdiri lagi atau untuk mengerjakan rakaat kedua, perlu untuk anda ingat dan ketahui anda harus mengerjakan takbir sebanyak 5 kali seraya mengangkat tangan sekaligus membaca kalimat takbir seperti pada saat anda mengerjakaan rakaat pertama diatas.

#5. Kemudian sama seperti pada rakaat pertama, anda juga di anjurkan untuk membaca doa yang sama seperti doa pada sela-sela takbir rakaat pertama diatas dan dilanjutkan dengan memabca surat Al-Fatihah

#6. Setelah selesai membaca surat Al-Fatihah seperti pada shalat-shalat pada umumnya, dianjurkan untuk membaca surat al-Ghasyiyah pada saat rakaat kedua dan kemudian dilanjutkan pada ruku, sujud dan seterusnya hingga salam.

Kiranya demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar tata cara shalat idul adha dan juga bacaan niatnya, semoga apa yang kami bagikan diatas bisa menjadi informasi yang bermanfaat. Serta jangan lupa juga untuk anda menyimak informasi menarik lainnya dari kami seputar Ketentuan Aqiqah Menurut Islam yang mungkin juga sedang anda cari-cari. Terimakasih