3 Rukun Mandi Wajib Bagi Wanita yang Harus Dikerjakan

Rukun Mandi Wajib – Mandi wajib atau juga sering di sebut dengan mandi junub merupakan sebuah kegiatan yang harus di kerjakan setiap muslim yang mana untuk bertujuan membersihan diri dari hadast besar. Adapun pengertian dari mandi wajib sendiri adalah menuangkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu untuk membuang hadats besar, itu merupakan pengertian yang di ambik dari syariat Islam.

Sementara jika diartikan secara etimologi, mandi besar atau mandi junub adalah menuangkan air pada sesuatu. Dari kedua pengertian tersebut jelas menerangkan bahwa dengan melakukan mandi wajib kita akan bisa kembali bersih dari hadats besar yang telah kita lakukan. Selain perlu memahami pengertian mandi wajib tersebut, sebagai umat muslim kita juga diharuskan untuk mengetahui beberapa tata cara mandi wajib serta syarat mandi wajib yang harus di lakukan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini niatpuasa.com akan memberikan penjelasan secara rinci mengenai beberapa syarat mandi wajib bagi wanita yang harus di kerjakan agar mereka kembali bersih dan terbebas dari hadats besar. Dengan sudah membersihkan diri dari hadats besar tentu saja melakukan kegiatan ibadah seperti sholat, puasa, atau yang lainnya akan lebih sempurna.

Pasalnya mandi besar juga menjadi syarat bagi setiap umat muslim ketika mereka akan melakukan kegiatan ibadah seperti yang kami sebutkan diatas. Maka dari itu selain mengerti tentang cara mandi wajib yang benar, ada dua hal lagi yang perlu anda ketahui dan juga perlu anda kerjakan yaitu doa mandi wajib dan juga syarat mandi wajib itu sendiri. Dan berikut adalah beberapa syarat mandi wajib bagi wanita yang harus dilakukan.

Baca :  Niat Mandi Wajib dan Tata Cara Yang Wajib Diketahui

Rukun Mandi Wajib Bagi Wanita yang Harus Dikerjakan

Syarat Mandi Wajib

Syarat Mandi Wajib

1. Membaca Niat

Dalam melakukan mandi wajib tentu saja ada cara, doa dan tentunya syarat yang harus di lakukan, nah syarat yang pertama adalah membaca niat mandi wajib. Dalam hal ini niat sendiri memang bukan menjadi hal yang harus di utarakan secara keras dimulut, melainkan bisa di baca atau di lafadzkan di dalam hati agar apa yang kita ingin benar bisa di kabulkan oleh Allah SWT.

Bacaan niat mandi wajib sendiri hampir sama seperti bacaan niat sholat Qashar atau ibadah yang lainnya. Yang dimana semua itu bertujuan untuk memasrahkan apa yang akan kita lakukan hanya karena Allah SWT semata. Dan berikut adalah bacaan niat mandi wajib yang mana merupakan salah satu syarat mandi wajib yang harus anda kerjakan ketika ingin melakukan mandi junub.

Niat Mandi Wajib

Artinya :
“Aku niat mandi janabah untuk menghilangkan hadas besar, fardlu kerena Allah Ta’ala”

2. Menghilangkan Najis yang Ada Pada Tubuh

Syarat mandi wajib yang kedua adalah menghilangkan najis yang ada pada tubuh. Dimana menurut Imam Rofi’i tidak mencukupi jika mandi wajib atau mandi junub hanya menyiramkan seluruh ari pada pagian tubuh dengan satu siraman saja agar hadits besar yang ada holang. Menurut beliau, mandi wajib harus menyiramkan secara berulang dengan melakukan pembersihan tubuh

Akan tetapi menurut Imam An-Nawawi satu sirama ke seluruh tubuh sudah mencukupi sebagai salah satu syarat mandi wajib, namun jika tubuhnya terdapat najis hukmi. Menurut beliau dengan satu siraman saja tidak apa-apa asalkan semua klit dan rambut dibasahi oleh air. Namun apabila ditubuhnya terdapat najis aini maka ia harus berulang-ulang menyiramkan air saat mandi wajib ke seluruh badan hingga najis tersebut hilang.

Baca :  11 Khasiat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan & Kecantikan

3. Menyiramkan Air ke Seluruh Rambut Dan Kulit

Jika mandi biasa kita bisa meninggalkan beberapa bagian tubuh yang memang tidak kita inginkan untuk terkena siraman air, namun pada syarat mandi wajib ini anda mau tidak mau harus menyirmkan air keseluruh bagian tubuh mulai dari rambut hingga ujung kaki dengan bagian sela-sela tubuh pun juga harus terkena air. Maka dari itu jika anda ingin mandi wajib ketahuilah tata caranya terlebih dahulu lewat artikel yang sudah kami sampaikan sebelumnya.

Nah itulah kiranya informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputara syarat mandi wajib bagi wanita yang harus dilakukan agar mereka terbebas dari hadats besar. Nah semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan bisa menjadi tambahan wawasan bagi anda yang ingin melakukan mandi wajib.