Niat Sholat Mayit, Doa dan Tata Caranya

Niat Sholat Mayit – Islam selalu memiliki berbagai macam tata cara dan juga ketentuan mengenai Shalat, Zakat, Puasa dan juga lainnya yang memang masuk dalam ajaran Agama. Setelah kemarin kita membahas mengenai Tata cara Sholat Mayit, kemudian Perhitungan Zakat Fitrah dan juga syarat wajib Zakat Fitrah, kali ini kami akan membahas mengenai Niat Sholat Mayit. Hukum mengetahui Niat Sholat Mayit dan tata caranya memang cukup penting bagi umat muslim. Hal ini dikarenakan setiap kita mendengar ada saudara kita yang meninggal, maka kita sebagai umat muslim sangat disarankan untuk mensholati jenazah saudara kita tersebut.

Sholat mayit sendiri juga memiliki hukum Fardhu Kifayah, yang mana berarti wajib dikerjakan, minimal oleh satu orang. Namun jelas kita sebagai sesama umat muslim lebih dituntut untuk dapat mengerjakan Sholat Mayit. Sama halnya dengan Sholat Ghaib, Sholat Mayit juga merupakan Sholat Sunnah yang dikerjakan dengan 4 kali takbir dan dikerjakan sebelum jenazah dikebumikan. Dalam tata cara Sholat Mayit, Sholat Mayit memiliki perbedaan dengan Sholat Wajib, karena Sholat Mayit tidak mengharuskan kita melakukan gerakan ruku dan juga sujud. Karena kita hanya dituntut untuk melakukan Sholat Mayit hanya dengan cara beridir saja (bagi yang mampu), lalu takbir serta membaca bacaan doa dan diakhiri dengan salam.

Setiap melakukan Sholat, baik itu Sholat Sunnah maupun Sholat Wajib, hal yang tidak boleh kita tinggalkan adalah membaca niat. Niat yang kita baca dalam setiap kalia mengerjakan ibadah juga berbeda-beda dalam hal pengucapan, akan tetapi memiliki inti yang sama yakni menundukan hati dan juga memasrahkan diri kepada Allah SWT. Hal ini juga tidak terlepas agar setiap ibadah yang kita jalani dapat diterima oleh Allah SWT. Dan kemudian apa itu Fardhu Kifayah? Fardhu Kifayah adalah  sebuah kewajiban yang mau tidak mau harus dikerjakan bersama-sama bukan perorangan. Atau dapat diartikan bahwa dalam tata cara Sholat Mayit, jika sebelum kita sudah ada yang menyolatkan jenazah, maka kewajiban kita sudah gugur.

Baca :  Doa dan Dzikir Sesudah Sholat Fardhu 5 Waktu

Akan tetapi jika tidak ada satupun yang mengerjakannya maka seluruh kaum muslimin akan mendapatkan dosa. Dan dalam hal ini juga pernah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan juga Imam Muslim dari Abu Hurairah yang mana mereka menyatakan bahwa ketika ada seorang laki-laki meninggal dalam keadaan berhutang disampaikan kepada Rasulullah, maka beliau akan bertanya, apakah ia meninggalkan harta untuk melunasi atau membayar hutangnya. Jika iya, maka beliau akan menyolatkannya, akan tetapi jika tidak maka beliau akan memerintahkan kepada kaum muslimin ahar menyolatkan jenazah tersebut. Dan untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai niat Sholat Mayit, doa dan tata caranya dapat kalian simak berikut ini.

Niat Sholat Mayit, Doa dan Tata Caranya

Niat Sholat Mayit, Doa dan Tata Caranya

Niat Sholat Mayit, Doa dan Tata Caranya

1. Niat Sholat Mayit

  • Bacaan Niat Sholat Mayit perempuan

USHOLLI ‘ALAA HAADZIHIL MAYYITATI ARBA’A TAKBIRATATIN FARDHOL KIFAYAATAI MA’MUUMAN LILLAHI TA’AALA

Artinya : “Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala”.

  • Bacaan Niat Sholat Mayit Laki-Laki

USHOLLI ‘ALAA HAADZALMAYYITI ARBA’A TAKBIRATATIN FARDHOL KIFAYAATAI MA’MUUMAN LILLAHI TA’AALA

Artinya : “Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Ta’ala”.

2. Tata Cara Sholat Mayit

  • Tata Cara Sholat Mayit Laki-Laki

Tata Cara Sholat Mayit Laki-Laki

Tata Cara Sholat Mayit Laki-Laki

Sebelumnya kami sudah memberikan informasi mengenai bacaan niat Sholat Mayit diatas, dan kali ini kami akan membahas mengenai tata cara Sholat Mayit untuk jenazah laki-laki. pada gambar diatas dapat kalian lihat bahwa posisi iman harus sejajar dengan kepala jenazah. Tata cara mensholatkan jenazah akan lebih baik dilakukan di masjid, akan tetapi jika posisi masjid jauh dari rumah maka masih bisa dikerjakan di dalam rumah. Dan Barang siapa yang dikuburkan sebelum disholatkan maka sholatkanlah jenazah tersebut diatas kuburnya, dan barang siapa yang tertinggal melakasanakan sholat jenazah, maka yang utama adalah sholatkanlah jenazah setelah dimakamkan.

  • Tata Cara Sholat Mayit Perempuan

Tata Cara Sholat Mayit Perempuan

Tata Cara Sholat Mayit Perempuan

Sedangkan untuk tata cara Sholat Mayit perempuan posisi imam harus berada sejajar di tali pusar jenazah. Sedangkan untuk makmum bisa dikatakan penataannya sama halnya dengan makmum Sholat Wajib, yakni makum laki-laki dewasa diikuti dengan makmum perempuan dewasa dengan jumlah shaf sebisa mungkin ganjil. Tata cara Sholat Mayit perempuan dapat dikerjakan sesuai dengan sunnah yang sudah ditentukan.

Baca :  12 Fadhilah Sholat Tahajud Menurut Al-Quran & Hadits

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai niat Sholat Mayit, doa dan tata caranya. Semoga artikel yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua para umat muslim di seluruh Indonesia. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.