Cara Tayamum yang Benar Beserta Bacaan Niatnya

Cara Tayamum – Seluruh umat muslim di dunia, memang wajib untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu atau sholat fardu setiap harinya. Untuk menjalankan sholat wajib, kita semua sebagai umat muslim diwajibkan untuk bersuci terlebih dahulu sebelum melakasanakan sholat. Tentunya tidak hanya dalam melakukan sholat wajib saja, untuk sholat shunah atau ibadah lainnya juga hadur mensucikan terlebih dahulu dengan cara berwudhu.

Dalam melakukan ibada, kita sebagai umat muslim memang harus dalam keadaan suci. Untuk berwudhu sendiri terdapat tata cara dan bacaan niat, dalam hal wudhu kami yakin kalian semua sudah bisa semuanya. Namun kalian perlu ketahui, dalam wudhu kita harus membutuhkan air yang bersih. Akan tetapi namanya juga kehidupan, pasti akan berada posisi ketika mau sholat kita tidak bisa menemukan air atau sedang dalam keadaan sakit dan hal lainnya.

Jika kalian dalam keadaan yang seperti kami sampaikan tadi, kalin semua dapat menggunakan cara tayamum untuk bersuci ketika mau melaksanakan ibada. Namun untuk menggunakan cara ini, kalian semua harus memastikan jika disekitar memang tidak ada air dan waktu sholat sudah mau habis. Jika sebelumnya kami sudah sampaikan kepada kalian semua akan niat bayar hutang puasa ramadhan, untuk kesempatan kali ini kami akan informasikan untuk anda semua cara tayamum yang benar.

Sedangkan untuk tata cara tayamum akan sangat berbeda sekali dengan berwudhu dengan air. karena bertayamum, kita akan menggunakan tanah atau debu yang bersih untuk mensucikan diri dari hadast kecil maupun hadast besar. Untuk membaca doa diberi kemudahan juga kita harus bersuci atau bahkan untuk membaca alqur’an. Untuk kalian semua yang belum tahu tata cara tayamum yang bener, dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan berikut ini.

Baca :  Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir Terlengkap

Cara Tayamum yang Benar Beserta Bacaan Niatnya

Cara Tayamum yang Benar Beserta Bacaan Niatnya

Cara Tayamum yang Benar Beserta Bacaan Niatnya

Untuk melakukan tayamun, pastikan jika benar-benar disekitar kita sudah tidak ada air dan waktu sholat sudah mulai habis. Didalam surat al-nisa’ ayat 43 yang artinya “ Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (suci), sapulah mukamu dan tanganmu. Untuk lebih jelasanya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang ada dibawah ini.

Apa Itu Tayamum

Mungkin sudah banyak orang tang tahu apa itu tayamum dan ada juga yang belum apa itu tayamum. Untuk kesempatan kali ini kami akan mejelaskan untuk kalian semuamua, tayamum adalah bersuci darihadast kecil maupun hadast besar dengan cara mengusap muka serta tangan dengan menggunakan debu atau tanah yang bersih.

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas dalma surat Al-nisa’ ayat 43, pada ayat tersebut terdapat dua hal yang memperbolehkan tayamum. Untuk yang pertama dalam keadaan sakit pada anggota tubuh yang tidak boleh terkena air dan memang tidak adanya air. Lalu untuk yang kedua dalam keadaan berpergian.

Tata Cara Tayamum

1. Membaca Basmallah

2. Niat bertayamum (Niat dalam hati melakukan tayamum karena Allah Swt)

3. Menepukkan kedua tangan ke tanah, lalu menipiskannya dengan cara meniup-niup atau mengibaskannya

4. Mengusap-usap muka

5. Mengusap kedua tangan hingga pergelangan tangan

6. Membaca doa seperti doa setelah selesai berwudhu

Bacaan Niat Tayamum

“Nawaitut tayammuma li-istibahatis sholaati fardhal lillaahi ta’aalaa”

Artinya: “Sengaja aku bertayamum untuk melakukan sholat, fardhu karena Allah Ta’ala”

Baca :  Hukum Shalat Kafarat di Jumat Akhir Ramadhan

Seperti itulah yang telah kami sampaikan untuk kalian semuanya, dimana kami telah menjelaskan apa itu tayamum, niat dan tata cara tayamum kepada kalian semuanya. Demikianlah yang dapat kami sampaikan untuk kalian semuanya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah ilmu agama kita semuanya.