10 Ayat Tentang Puasa Berdasarkan Al-Qur’an

Ayat Tentang Puasa – Puasa merupakan salah satu rukun islam yang ketiga dan tentunya sudah sepantasnya apabila kita sebagau umat muslim yang bertaqwa untuk bisa menjalankannya sebagai bagian dari kebisaan agar mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Menariknya didalam ajaran agama Islam selain terdapat puasa wajib yang datang setiap tahun yakni puasa Ramadhan ada juga beberpa puasa lain yang bisa kita kerjakan untuk menambah amalan kita seperti puasa daud, puasa ayyamul bidh, puasa pengganti ramadhan, dan puasa sunah yang lainnya.

Jadi tidak heran apabila kita menemukan banyak orang muslim yang sedang menjalankan puasa namun tidak pada bulan ramadhan saja. Yang mungkin seringkali kalian temui adalah puasa sunah senin kamis. Yapz puasa yang satu ini memang di sunahkan oleh Rasulullah agar kita bisa mendapatkan banyak manfaat dan keberkahan baik di dunia maupun di akhirat. Banyaknya macam-macam puasa yang ada di ajaran agama Islam memang menjadi salah satu kunci untuk kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Seperti halnya telah kami sampaikan pada pengertian puasa ramadhan, setiap umat mulsim memang di wajibkan untuk ikut berpuasa ramadhan yang datang setiap tahun, akan tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satu syarat rukun puasa ialah mereka yang akan melalksanakannya telah berada dalam usia dewasa, baligh, dan berakal. Selain itu ada juga beberapa larangan yang tidak diperolehkan setiap orang ikut mengerjakan puasa wajib tersebut yang bisa kalian simak pada info penjelasan tentang pengertian puasa ramadhan diatas.

Ayat Tentang Puasa Berdasarkan Al-Qur’an

Kumpulan Ayat Tentang Puasa

Kumpulan Ayat Tentang Puasa

Dan pada kesempatan kali ini, niatpuasa.com akan menjelasakan beberapa ayat-ayat tentang puasa baik ramadhan ataupun sunah yang di landaskan pada Al-Qur’an. Sebagaimana telah di jelaskan bahwasanya berpuasa merupakan hal baik yang bisa di kerjakan setiap orang muslim agar bisa lebih mendekatkan diri pada sang pencipta. Oleh karena itu sebelum kalian menjalankan puasa yang benar-benar sempurna, perlu kalian ketahui dulu nih ayat tentang puasa berdasarkan kitab suci Al-Qur’an sebagai berikut.

1. Q.S Al-Baqarah Ayat 183

Ayat yang satu ini mungkin sudah seringkali kalian dengar baik dalam pengajian di majelis, masjid ataupun lewat pengajian didalam media sosial. Adapun lafadz dari sura Al-Baqarah ayat 183 yaituQS Al-Baqarah Ayat 183

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S Al-Baqoroh Ayat 183)

2. Q.S Al-Baqarah Ayat 184

Masih dari Qur’an Surat Al-Baqarah, ayat tentang puasa yang selanjutnya juga terdapat dalam ayat 184 yang berbunyi QS AL-Baqarah Ayat 184

Artinya:
“(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Q.S Al-Baqarah Ayat 184)

3. Q.S Al-Baqarah Ayat 185

Ayat Al-Quran yang menyatakan tentang puasa juga tersirat dalam QS AL-Baqarah Ayat 185 yang berbunyiQS Al-Baarah Ayat 185

Artinya:
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur”. (Q.S Al-Baqarah Ayat 185)

4. Q.S Al-Baqarah Ayat 196

Kemudian ayat tentang puasa yang terakhir dari QS Al-Baqarah yaitu terdapat pada ayat ke 196 yang berbunyi sebagai berikutQS Al-Baqarah Ayat 196

Artinya:
“Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Tetapi jika kamu terkepung (oleh musuh), maka (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat, dan janganlah kamu mencukur kepalamu sebelum hadyu itu sampai di tempat penyembelihannya. Jika di antara kamu ada yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu dia bercukur), maka wajib baginya membayar fidyah, yaitu dengan berpuasa, bersedekah atau berkurban. Jika kamu dalam keadaan aman, maka barangsiapa mengerjakan umrah sebelum haji, dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat. Tetapi jika dia tidak mendapatkannya, maka dia (wajib mengganti) dengan berpuasa tiga hari pada waktu haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itu seluruhnya sepuluh (hari). Ketentuan yang demikian itu, bagi orang yang keluarganya tidak ada (tinggal) di sekitar Masjidilharam. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras hukuman-Nya”. (Q.S Al-Baqarah Ayat 196)

5. Q.S An-Nisa Ayat 92

Pada QS An-Nisa kalian juga bisa menemukan kandungan ayat tetang puasa yang berada pada ayat ke 92 dengan bunyiQS An-Nisa Ayat 92.jpg

Baca :  Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya Sesuai Islam

Artinya:
“Dan tidaklah patut bagi seorang beriman membunuh seorang beriman (yang lain), kecuali karena tidak sengaja. Barangsiapa membunuh seorang yang beriman karena tidak sengaja, maka hendaklah dia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta (membayar) tebusan yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh itu), kecuali jika mereka (keluarga si terbunuh) membebaskan pembayaran. Jika dia (si terbunuh) dari kaum yang memusuhimu, padahal dia orang beriman, maka (hendaklah si pembunuh) memerdekakan hamba sahaya yang beriman. Dan jika dia (si terbunuh) dari kaum (kafir) yang ada perjanjian (damai) antara kamu dengan mereka, maka (hendaklah si pembunuh) membayar tebusan yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh) serta memerdekakan hamba sahaya yang beriman. Barangsiapa tidak mendapatkan (hamba sahaya), maka hendaklah dia (si pembunuh) berpuasa dua bulan berturut-turut sebagai bentuk taubat kepada Allah. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”. (Q.S An-Nisa Ayat 92)

6. Q.S Maryam Ayat 26

Kemudian selain ke-5 ayat yang sudah kami sampaikan diatas, kalian juga bisa menemukan ayat tentang puasa lewat QS Maryam Ayat 26 yang berbunyi sebagai berikutQS Maryam Ayat 26

Artinya:
“Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini.” (Q.S Maryam Ayat 26)

7. Q.S Al-Maidah Ayat 89

Ada pula QS Al-Madidah Ayat 98 yang menegaskan tentang puasa. Dimana ayat tersebut berbunyiQS Al-Maidah Ayat 89

Artinya:
“Allah tidak menghukum kamu atas sumpahmu, tetapi Allah menghukum kamu atas sumpah yang tidak sengaja dan kamu melanggarnya, maka wajib atas kamu memberi makan sepuluh ornag miskin yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau dengan memberi pakaian, atau dengan memerdekakan budak. Jika tidak sanggup melakukan hal itu maka kafaratnya berpuasa selama tiga hari”. (Q.S Al-Madidah Ayat 89)

8. Q.S Al-Maidah Ayat 95

Selain ayat 89 diatas, ayat tentang puasa juga tertulis jelas pada surat Al-Maidah Ayat 95 yang berbunyiQS Al-Maidah Ayat 95

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu membunuh binatang buruan saat kamu sedang ihram. Siapa yang membunuhnya dengan sengaja maka dendanya adalah menggantinya dengan binatang ternak yang seimbang dengan buruan tersebut, atau dengan membayar kafarat dengan memberi makan orang miskin atau berpuasa seimbang dengan makanan yang dikeluarkannya, supaya dia merasakan akibat yang buruk dari perbuatannya”. (Q.S Al-Maidah Ayat 95)

9. Q.S Surat Al-Ahzab Ayat 35

Dan ayat yang mengandung ajaran puasa juga tersirat dalam surat Al-Ahzab Ayat 35 yang berbunyiQS Surat Al-Ahzab Ayat 35

Artinya:
“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang jujur, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, serta laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yang besar untuk mereka.” (Q.S Al-Ahzab Auat 35)

10. Q.S Surat Al-Mujadalah Ayat 3-4

Dan ayat tentang puasa yang terakhir dalam Al-Qur’an yakni tersirat dalam surat Al-Mujadalah Ayat 3-4 yang berbunyiQS Surat Al-Mujadalah Ayat 3-4

Artinya:
“Dan orang-orang yang menzihar istrinya, kemudian mereka menarik kembali apa yang telah mereka ucapkan, maka (wajib bagi mereka) memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami istri itu bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepadamu, dan Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (3) Barangsiapa tidak menemukan (hamba sahaya), maka (wajib baginya) berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya bercampur. Tetapi barangsiapa tidak mampu, maka (wajib baginya) memberi makan enam puluh orang miskin. Yang demikian itu agar kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Demikianlah hukum-hukum Allah, dan adzab yang sangat pedih bagi orang-orang yang mengingkarinya. (4) (Q.S Al-Mujadalah Ayat: 3-4)

Salah satu ayat tentang puasa yang mungkin cukup familiar di telingan kita yaitu Q.S surat Al-Baqarah ayat 183. Yang diman adalam Q.S Al-Baqarah tersebut telah menjelaskan bahwasannya puasa merupakan sebuah kewajiban yang harus selalu di jalankan oleh setiap orang muslim. Oleh karenanya dengan menjalankan ibadah puasa tentunya kita akan lebih bisa mendekatkan diri kita kepadan sang pencipta terlebih lagi ketika kita juga bisa menjalankan puasa sunah yang sudah pernah kami sampaikan.

Baca :  11 Khasiat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan & Kecantikan

Meskipun puasa ramadhan merupakan salah satu puasa wajib yang harus di jalani setiap muslim namun sebagai salah satu agama yang fleksibel, tentunya Islam juga memberikan beberpa keringanan bagi mereka-mereka yang tidak bisa ikut berpuasa. Adapun hal yang boleh membuat mereka tidak bisa ikut tentunya harus sesuai dengan apa yang juga sudah di tetapkan dalam ayat tentang puasa yang terkandung didalam Al-Qur’an maupun hadist.

Nah itu dia beberapa ayat tentang puasa yang bisa kalian pahami dan pelajari yang tentunya sudah tercantum dalam Al-Qur’an. Dengan jelas dan tegas, didalam ayat-ayat tentang puasa yang tertulis diatas, kalian bisa menafsirkan apa makna yang bisa di dapat, sehingga kami berharap kalian bisa lebih menjadikan diri kalian sebagai orang yang bertaqwa pada tuhan yang maha esa dengan menjalankan perintah puasa yang telah di tetapkan dalam Al-Qur’an seperti diatas sudah kami sampaikan.

Semoga dengan menyimak informasi yang kami tulis diatas kalian bisa mendapatkan apa yang tengah kalian cari lewat informasi seputar ayat tentang puasa yang kami rangkung berdasarkan Al-Quran.