6 Amalan di Bulan Sya’ban yang Dicontohkan Rasulullah

Amalan di Bulan Sya’ban – Ketika bulan Sya’ban datang, maka sudah semestinya kita sebagai umat muslim harus menyambutnya dengan begitu ramah. Karena datagnya bulan Sya’ban menandakan bahwa sebentar lagi kita akan menjumpai bulan suci Ramadhan yang mana baik bulan Ramadhan ataupun bulan Sya’ban merupakan bulan yang penuh kemuliaan didalamnya. Bahkan Rasulullah SAW pun sering melakukan berbagai macam amalan di bulan Sya’ban untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

Hal tersebut tidak terlepas dari makna bulan Sya’ban itu sendiri. Nah bicara soal makna bulan Sya’ban dan amalannya. Tentulah sudah seharusnya sebagai umat muslim kita harus memahami apa saja amalan-amalan yang harus di kerjalan pada bulan Sya’ban sebagaimana telah di contohkan oleh baginda Rasulullah SAW. Karena bulan Sya’ban sendiri merupakan salah satu bulan yang memiliki banyak sekali peristiwa bersejarah bagi seluruh umat muslim di dunia ini.

Apa sih peristiwa pentin tersebut? sebagaimana sumber yang dapat dipercaya, salah satu peristiwa penting dan bersejarah bagi umat muslim di berabgai negara adalah pengalihan arah kiblat yang sebelumnya dari Masjidil Aqsha yang berada di Palestina menjadi ke arah Ka‘bah di Arab Saudi sekaligus terjadinya penurunan Surat Al-Baqarah ayat 144 dan Surat Al-Ahzab ayat 56 yang mana itu juga sekaligus menganjurkan pembacaan shalawat.

Amalan di Bulan Sya’ban yang Patut Dikerjakan

Amalan di Bulan Sya'ban

Amalan di Bulan Sya’ban

Bahkan juga diangkatnya amal-amal manusia menuju ke hadirat Allah SWT, serta masih banyak lagi peristiwa-peristiwa lainnya. Tentunya dengan hal tersebut banyak juga amalan di bulan Sya’ban yang sudah di contohkan oleh junjungan besar kita Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam untuk kita tiru agar kemuliaan dan keberkahan bulan Sya’ban bisa kita peroleh. Dan berikut ada beberpa amalan di bulan Sya’ban yang bisa kalaian lakukan.

Baca :  Doa Niat Puasa Nisfu Sya'ban Lengkap dengan Artinya

1. Memperbanyak Puasa Sunnah

Sebelum datangnya bulan Sya’ban kita sebagai umat muslim juga terlebih dahulu menyambut hadirnya bulan Rajab. Yang dimana dengan melakukannya banyak sekali keutamaan bulan Rajab yang bisa kita dapatkan. Setelah itu, barulah datang bulan Sya’ban yang juga patut untuk kita sambut dengan baik karena bulan Sya’ban merupakan bulan milik Rasulullah SAW, sementara bulan Rajab adalah bulan Allah.

Salah satu amalan di bulan Sya’ban yang patut kita lakukan adalah berpuasa. Yang dimana melakukan puasa sunnah di bulan Sya’ban tentunya sudah di contohkan oleh Rasulullah sebagai salah satu cara untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan sekaligus melatih kita untuk menahan lapar dan dahaga ketika berpuasa di bulan Ramadhan. Bahkan Sayyidah A’isyah Ra menceritakan bahwa ketika bulan Sya’ban datang Rasulullah SAW banyak melakukan puasa:

Artinya:
“Nabi Muhammad SAW selalu berpuasa di bulan Sya’ban seluruhnya. Namun beliau berpuasa Sya’ban semuanya kecuali hanya sedikit hari saja. (HR. Muslim)”

2. Memperbanyak Amal-Amal Kebaikan

Dengan melakukan puasa pada bulan Sya’ban, setidaknya kita sudah melakukan amalan di bulan Sya’ban yang juga sering dilakukan Rasulullah. Namun untuk lebih memaknai hadirnya bulan milik Rasulullah, kita juga di anjurkan untuk bisa melakukan berabgai hal-hal bersifat baik lainnya. Salah satunya dengan melakukan amal-amal kebaikan yang baik itu bersifat ritual ataupun sosial.

Hal tersebut dikarenakan pada bulan Sya’ban terjadi peristiwa “tutup buku” yang mana merupakan peristiwa di laporkannya catatan amal perbuatan manusia ke Akhirat. Maka dari itu, akan lebih baik apabila tutupan buku amal kita sebagai manusia kita tutup dengan amal-amal yang baik. Dan kalau menurut Sabda Rasulullah SAW:

Baca :  Doa Niat Puasa Nisfu Sya'ban Lengkap dengan Artinya

Artinya:
“Dan di bulan itu diangkatnya amal-amal kepada Rabb semesta alam, dan aku ingin amalku diangkat dalam keadaan aku sedang berpuasa.(HR. An-Nasa’i)”

3. Keutamaan Malam dan Hari Nisfu (Pertengahan) Sya’ban

Lalu apalagi amalan di bulan Sya’ban yang semestiya di lakukan oleh umat muslim? selain diatas, kalian juga bisa melakukan sebuah amalan baik tepat di malam dan hari nisfu Sya’ban. Sebab, pada malam hari diriwayatkan bahwa Allah SWT akan selalu mengawasi hamba-hambanya yang akan melakukan permohonan ampun dari-Nya. Oleh karena itu ketika malam Nisfu Sya’ban datang, disunnahkan untuk setiap umat muslim melakukan sholat sunnah.

Bahkan pada siang harinya di sunnahkan puasa Nisfu Sya’ban. Namun seperti diatas sudah kami sampaikan, puasa di bulan Sya’ban tidak di khususkan pada pertengahan bulan saja. Namun bisa dikerjakan pada hari-hari lainnya di bulan tersebut. Sebagaimana disabdakan sebagai berikut:

Artinya:
“Dari Mu’adz bin Jabal berkata: Rasulullah Saw bersabda: Allah Swt mengawasi pada seluruh makhluk-Nya pada malam pertengahan Sya’ban, Dia akan ampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang Musyrik dan Bermusuhan (Menurut Syaikh Al-Albani dalam “al-Silsilah al-Sahihah” ini Hadits Shahih)”

4. Mengganti Hutang Puasa Ramadhan

Apabila pada puasa Ramadhan sebelumnya kalian memiliki hutang atau hari puasa ramadhan yang kalian tinggalkan karena alasan tertentu, seperti halnya pada wanita yang diwajibkan tidak berpuasa ketika datang haid. Maka ketika bulan Sya’ban datang juga bisa dimanfaatkan untuk mengganti atau qadha hutang puasa ramadhan tersebut dengan membaca doa dan niat puasa qadha ramadhan.

Selain itu kalian juga bisa melakukan puasa nadzar yang memang hukumnya wajib ketika kamu sudah menucapkan sebuah nadzar. Hal tersebut dilakukan karena bulan puasa wajib ramadhan akan segera datang, maka akan lebih baik bayarlah hutang-hutang kamu terhadap Allah agar tidak menumpuk kemudian hari.

Baca :  Doa Niat Puasa Nisfu Sya'ban Lengkap dengan Artinya

5. Mempersiapkan Diri Menyambut Bulan Ramadhan

Seperti diatas sudah kami sampaikan, bahwasanya bulan Sya’ban merupakan bulan yang datang sebelum bulan ramadhan. Yang dimana banyak amalan di bulan Sya’ban yang bisa kalian lakukan. Salah satunya adalah berpuasa. Dengan melakukan puasa sunnah di bulan Sya’ban tentu saja menjadi bekal atau persiapan kita sebelum menyambut datangnya bulan Ramadhan datang yagn mengharuskan kita melakukan puasa selama satu bulan penuh.

6. Memperbanyak Membaca Al Quran

Amalan terbaik di bulan Sya’ban yang selanjutnya adalah memperbanyak memabca Al-Quran. Dimana sebelum hadirnya bulan Sya’ban tepatnya pada bulan Rajab, para salaf shalih semakin memfokuskan diri untuk membaca Al-Quran walaupun bulan Ramdhan belum datang. Hal ini juga di lakukan oleh Amru bin Qais Al Mula’i yang apabilan bulan Sya’ban datang beliau melakukan amalan memperbanyak memabca Al-Quran serta menutup kedainya.

Jadi bagi kalian yang sudah pandai membaca Al-Quran gunakanlah dengan baik di bulan tersebut karena merupakan salah satu amalan di bulan Sya’ban yang paling baik.

Selain itu tentulah masih ada banyak sekali amalan di bulan Sya’ban yang bisa kita kerjakan. Namun dari amalan-amalan yang ada, ke-enam amalan diatas merupakan amalan yang paling sering di kerjakan oleh Rasululloh SAW, sehingga sudah semestinya kita sebagai umatnya pun mengikuti apa yang sudah di contohkan oleh beliau. Dan semoga ulasan diatas bisa menjadi salah satu ulasan yang memiliki manfaat bagi setiap pembaca niatpuasa.com.